Sabtu, 17 Juli 2010

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kukar

             KTSP, Sudah Sampai Dimana ?
      Satu dari sekian persoalan dalam pendidikan pada jenjang pendidikan dasar adalah tingkat pemahaman tenaga pendidik terhadap kurikulum yang masih rendah. Meski telah diberlakukan secara bertahap sejak tahun pelajaran 2006/2007 dan berlaku secara menyeluruh sejak tahun pelajaran 2009/2010, penggunaan KTSP di sekolah-sekolah masih perlu mendapatkan perhatian. 
        Apalagi jika dikaitkan dengan adanya penguatan baru didalam KTSP sejak tahun ini, maka sangat tepat jika Dinas Pendidikan melalui Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten turun ke lapangan untuk melakukan 'jemput bola' memberikan bantuan teknis atau pendampingan kepada sekolah-sekolah dalam penyempurnaan kurikulum di sekolah tersebut. 
         Setelah mendapatkan SK Bupati dan bantuan teknis dari Puskur Pusat, TPK Kabupaten kini telah siap di terjunkan ke lapangan. Meskipun pengganggaran dana untuk kegiatan pengembangan kurikulum ini terpangkas atau tercoret  dalam APBD tetapi kiranya hal itu tidak dijadikan alasan untuk membiarkan urusan kurikulum ini terbengkalai. Sebab bagaimana kita mau meningkatkan mutu pendidikan bila kurikulum sebagai roh dari pembelajaran itu sendiri masih belum terbenahi ??

1 komentar:

  1. bila anda punya masukan dan informasi seputar ktsp ini, mohon disampaikan lewat blog ini.

    BalasHapus