Rabu, 14 Juli 2010

Ada Yang Baru di KTSP Kita


Kebijakan terbaru dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah dengan adanya pengintegrasian nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pendidikan Kewirausahaan, dan Pelaksanaan Belajar Aktif ke dalam kurikulum sekolah. Target 25 % keterlaksanaannya pada tahun 2011 sehingga diharapkan tuntas 100 % pada tahun 2014.
Bantuan teknis kepada Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Kabupaten Kutai Kartanegara telah diberikan oleh Pusat Pengembangan Kurikulum (Puskur) kemendiknas kepada 33 orang anggota TPK Kabupaten dan 60 kepala/ perwakilan satuan pendidikan selama beberapa hari di Tenggarong.
Setelah kegiatan ini diharapkan para peserta untuk merealisasikan penyusunan kurikulum dan pengintegrasian nilai-nilai tsb di atas di masing-masing institusinya. Hal ini sejalan dengan rencana Disdik Kabupaten Kukar yang telah menginstruksikan agar setiap satuan pendidikan khususnya pada jenjang TK/SD/SLB dapat menyiapkan Dokumen I Kurikulum di sekolahnya untuk divaliditasi atau di sahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan. Akan ada perlakuan tertentu terhadap sekolah-sekolah yang sampai saat ini belum mempunyai bukti fisik (dokumen I ) KTSP di sekolahnya.
TPK Kabupaten siap memberikan bantuan teknis dan pendampingan kepada sekolah-sekolah yang memerlukan bantuan dalam penyusunan Kurikulum di sekolahnya. Silakan menghubungi Ketua TPK Kabupaten di Kasi TK/SD/SDLB lantai 2 Kantor Disdik Kab. Kukar di Jl. Lais, Tenggarong. Atau hubungi Sekretariat TPK SD Kabupaten di SDLB Tenggarong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar