Minggu, 25 Juni 2023

Komunitas Menulis

 

Judul             : Komunitas Menulis

Resume ke         : 2

Gelombang         : 29

Hari / Tanggal    : Rabu, 21 Juni 2023

Tema              : Writing is My Passion

Narasumber        : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd

Moderator         : Sigid Purwo Nugroho,S.H


Ditulis oleh      : Emon Sulaiman

Saya mulai resume materi ke-2 ini dengan mengutip pernyataan pembuka resume yang ditulis oleh bu Gutamining Saida, seorang guru asal Blora, Jawa Tengah. KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) gelombang 29 malam ini, hari Rabu  21 Juni 2023. Kegiatan ini dimulai dengan dipandu seorang moderator yang CAKEP bernama Bapak Sigid Purwo Nugroho biasa disingkat dengan Sigit PN, SH (salah satu tim solid Om Jay).  Beliau alumni Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 23. 

Narasumber malam ini yaitu ibu Sri Sugiastuti, M. Pd dilahirkan di kota Lumpia (Semarang) pada tanggal 8 April 1961. Beliau walau sudah tidak muda lagi  (usia senja) namun semangatnya mengalahlan kita yang masih muda. Malu juga rasanya, bila melihat prestasi yang sudah dicapai beserta aktivitas Beliau. Tidak diragukan lagi bila beliau sebagai penulis yang andal patut kita banggakan dan kita tiru paling tidak. Wow, sudah berhasil menelurkan 51 karya buku solo dan seratus lebih buku antologi. Buku dari penerbit mayorpun tak ketinggalan beliau miliki.

Saya juga mengutip resume yang ditulis oleh bu Susanna (Palu),  Pengetahuan yang dapat beliau ambil dengan  membaca materi dari Ibu Sri “writing Is My Passion” adalah bahwa Literasi membantu kita untuk memahami informasi yang kompleks dan membedakan antara fakta dan opini, Melalui literasi, kita memiliki akses ke pengetahuan dan wawasan baru, Literasi memungkinkan akses ke pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu, Kemampuan literasi yang  baik adalah keterampilan yang dicari oleh banyak perusahaan, profesi penulis adalah salah satu pekerjaan yang sangat dihormati dan dihargai secara sosial.

Bapak Aloysius Suparno (Kupang) dalam resumenya menyatakan bahwa menulis itu tidak harus sendiri tapi juga bisa dilakukan secara kolaborasi  “ kruntelan “ bersama - sama . Seseorang dapat bergabung dengan komunitas penulis lokal atau online, berbagi karya, dan mendapatkan umpan balik dari sesama penulis. Ini merupakan salah satu cara yang baik untuk memperluas jaringan sosial, belajar dari orang lain, sehingga kita  tetap mampu berkontribusi  dalam aktivitas yang bermakna dan bermanfaat bagi semua, secara khusus di dunia literasi. Beliau berharap dapat mengekspresikan diri, meningkatkan keterampilan berpikir dan komunikasi, serta dapat berkontribusi dalam proses pewarisan nilai-nilai kehidupan , serta menjalin hubungan dengan komunitas penulis yang menginspirasi. Dengan adanya kegiatan di KBMN beliau merasa bersyukur dan berterima kasih karena mendapatkan komunitas baru yang berkualitas dan penuh kreasi, senang sekali mendapatkan keluarga baru.

Yang tak kalah menarik juga apa yang dituliskan dalam resume bu Sutarmi, beliau menuliskan secara lengkap penyampaian materi ’Bunda Kanjeng’, sebutan untuk Narasumber hebat kita ibu Sri Sugiastuti, M. Pd ini. Bu Sutarmi menuliskan resumenya secara panjang dari;  

1. Pembukaan

2. Paparan Materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup

Pada bagian penutup saya memilih penutup resume bu Hidayatul Jannah (Pelaihari). Meyakinkan diri dan membuat percaya diri itu mungkin mudah, tetapi mempertahankannya agar tetap istiqomah itu sulit. Dalam dua kali pertemuan di kelas KBMN 29 ini, mendapatkan materi dari Narasumber yang berbeda sungguh sangat menginspirasi beliau. Beliau berharap dapat mengikuti kelas ini sampai akhir dan membawa banyak ilmu yang bermanfaat untuk beliau dan orang-orang sekitar beliau. Aamiin. Harapan senada dengan harapan saya dan juga harapan peserta lainnya dalam kegiatan ini. Salam Literasiess.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar