Minggu, 25 Juni 2023

Kekuatan Dari Sebuah Tulisan

 


















Judul             : Kekuatan Dari Sebuah Tulisan
Resume Materi ke  : 1
Gelombang         : 29
Hari              : Senin
Tanggal           : 19 Juni 2023
Tema              : Menulis Setiap Hari
Narasumber        : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd
Mederator         : Raliyanti, S.Sos.,S.Kom., M.Pd 
Ditulis Oleh      : Emon Sulaiman

 Malam kemarin saya coba mengumpulkan resume peserta KBMN PGRI Gelombang ke 29, dari resume materi ke-1 hingga resume materi ke-3. Selanjutnya dari resume teman-teman peserta yang saya kumpulkan itu saya akan membuat tulisan atau resume saya di blog dan akan saya kirimkan kepada Tim Solid Omjay. Mudah-mudahan resume yang saya buat ini masih bisa diterima.

Banyak hal yang saya dapat dari kegiatan KBMN, terutama materi yang disampaikan oleh para narasumber yang hebat-hebat disini sangat bermanfaat dan sangat mendukung peningkatan kemampuan menulis bagi para pesertanya. Kemudian dari penulisan resume materi ke-1 hingga materi ke-3 terlihat peningkatan semangat dan kemajuan kreatifitas menulis para peserta. Dari kegiatan mengumpulkan resume peserta ini menambah semangat dan motivasi saya menulis hingga menghasilkan karya buku sendiri di akhir kegiatan ini nanti.

Baiklah, saya mulai resume materi ke-1 saya ini dengan pembuka resume yang ditulis oleh ibu Endang Suwarni, S.PdI peserta KBMN dari Sumbawa yang menyatakan terkena Mantra Ajaib ’Omjay’ panggilan akrab Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. Bu Endang jatuh hati dan menemukan figur seorang penulis yang mengena dihatinya. Mantra Ajaib Omjay ini juga diingat peserta-peserta lainnya dalam resume yang mereka tulis. Mantra itu berbunyi "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi". Dan saya pribadi pun telah membuktikan bahwa mantra tersebut bila dipraktikkan benar-benar memberikan efek positif secara ajaib. Penasaran? Cobalah dipraktikkan sendiri!

Kemudian di dalam resume yang ditulis bu Asmayati (Cilegon ) juga bu Fifi  Triana (Solok) dan sejumlah resume peserta-peserta lainnya telah memuat sejumlah tip dan trik menulis yang disampaikan OmJay malam itu. Diantara tip dan triknya itu adalah menjadikan menulis sebagai suatu kebutuhan, menulis 500 kata dalam sehari, mulai menulis dengan 3 alenia, yaitu alenia pembukaan, alenia isi dan alenia penutup dan rajin membaca karya orang lain.

Didalam resume peserta yang lainnya juga tidak lupa mencantumkan motivasi dan pesan lainnya yang disampaikan OmJay malam itu. Seperti Umi Kulsum (Kebumen) dan beberapa peserta lainnya lagi, menuliskan pesan Omjay begini  Jangan menjadi seorang penulis bila anda tak suka membaca karya tulis orang lain ”.

Pokoknya,  resume materi ke-1 yang telah dibuat teman-teman peserta KBMN PGRI Gelombang-29 ini bagus-bagus dan sangat menarik. Membacanya membuat saya mengetahui materi apa saja yang disampaikan OmJay malam itu dan paham bahwa dari satu informasi yang disampaikan oleh narasumber bisa diungkapkan atau dituliskan dengan berbagai gaya bahasa dan sudut pandang berbeda masing-masing peserta yang menerima informasi tersebut.

Untuk mengakhiri resume ini, saya memilih ungkapan penutup dari resume bu Nunuk Marsiti (Cilegon, Banten) dalam Blognya Kreasi Pena,  Omjay menegaskan, kita harus pandai mengelola waktu dengan menggunakan skala prioritas mana dulu yang harus dikerjakan. Menulis tiap hari harus kita mulai dengan penuh percaya diri, menulis harus dipaksakan dan lawan diri sendiri dari kemalasan. setiap orang bisa menulis dan untuk menulis yang baik perlu banyak berlatih dan berguru kepada pakarnya.

Sampai disini dulu resume Materi ke-1 saya ini saya tulis. Terima kasih sudah berkenan membacanya, jangan lupa tinggalkan jejak anda, saran dan kritik anda pada kolom komentar. Salam Literasiess.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar