Rabu, 06 Oktober 2010

Peran K3S Muara Kaman


Oleh : Sulaiman, S.Pd
( Guru SDN 006 Muara Kaman )

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) memiliki peran strategis dalam upaya mencapai peningkatan mutu pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan dasar, K3S bisa dianggap lokomotif yang menggerakkan gerbong kinerja Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pembelajaran di sekolah dasar. Begitupun dengan keberadaan K3S di kecamatan Muara Kaman sangat dirasakan manfaatnya terutama dalam membangun komitmen dan sikap proaktif guru, kepala sekolah dan pengawas untuk mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, kontekstual, dan menyenangkan di sekolah.

" Setidaknya ada dua manfaat yang diperoleh dalam pertemuan K3S ini, yaitu ; silaturrahmi dan ilmu. Silaturrahmi memperpanjang umur, murahkan rezeki dan yang pasti diganjar pahala sedangkan ilmu bisa didapat secara langsung dari kegiatan pokok K3S maupun sharing antar peserta.  " begitu ditegaskan Yusran, S.Pd selaku ketua K3S Muara Kaman pada pertemuan K3S Muara Kaman, Rabu, 6 Oktober 2010.  

Dalam pertemuan K3S hari ini disepakati antara lain untuk memperkuat kegiatan supervisi di sekolah dasar dalam wilayah kecamatan Muara Kaman sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Darso, S.Pd, M.Pd, selaku Kepala Cabang, meminta para Kepala Sekolah diwilayahnya untuk melakukan tupoksinya secara optimal, termasuk melakukan supervisi di sekolah. Selanjutnya Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan akan membentuk Tim Khusus yang siap memberikan bantuan teknis sebagai tindak lanjut dari hasil supervisi tersebut. 
 
Mencermati pembicaraan yang berkembang dalam pertemuan ini, tampak kobaran semangat para Kepala Sekolah untuk mewujudkan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan di sekolah masing-masing.  Semoga saja apa yang telah dirancang dalam pertemuan hari ini dapat diimplimentasikan secara maksimal di lapangan. Sebab umumnya kita pandai dalam menyusun program tetapi lemah dalam pelaksanaannya, " demikian komentar Beni, S.Pd salah seorang peserta pertemuan tersebut.   

1 komentar:

  1. Idealnya pertemuan KKKS dengan alokasi waktu yang sangat terbatas, harus lebih banyak diskusi dan sharing, sehingga suasana musyawarah lebih segar, lebih efisien, dan lebih efektif. Trima kasih atas publikasinya.

    BalasHapus