Senin, 04 Oktober 2010

JUMAT HARI BUDAYA



Oleh : Sulaiman, S.Pd
 ( Guru SDN 006 Muara Kaman )

Pada peringatan hari jadi kota Tenggarong ke 228, Selasa, 28 September 2010 yang lalu Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mencanangkan hari Jum'at sebagai Hari Budaya. Di Hari Budaya ini, para pegawai Pemkab Kukar dan bahkan swasta diminta mengenakan pakaian adat serta menggunakan Bahasa Kutai.

Sejalan dengan hal tersebut dalam suatu kesempatan penulis pernah mengajukan usul kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara agar Bahasa Kutai dapat diajarkan sebagai Muatan Lokal di sekolah-sekolah, khususnya di Sekolah Dasar. Bila hal ini disetujui kiranya seksi bidang pengembangan kurikulum Disdik Kabupaten Kukar dapat mengakomodir dan memfasilitasi  penyusunan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  Bahasa Kutai sebagai prasyarat pelaksanaan pembelajaran Bahasa Kutai di sekolah. Termasuk juga memprogramkan penyediaan bahan ajar dan pelatihan terhadap tenaga pengajar Bahasa Kutai ini. 

Penulis telah menyerahkan contoh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Kutai beserta bahan ajar yang akan diajarkan di SD untuk dapat dikembangkan lebih lanjut. Semoga dengan pencanangan Hari Budaya ini, keinginan untuk melestarikan Bahasa Kutai melalui pelajaran Mulok di Sekolah Dasar dapat terwujud. Amin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar