Rabu, 23 Juni 2010

MENGENAL BUKU ELEKTRONIK ( EBOOK )


Tugas Riset Internet
Oleh : Sulaiman
Buku elektronik bukanlah buku yang mempelajari tentang elektronik, melainkan berupa data-data atau informasi yang tampilannya dibuat seperti buku kemudian direkam secara elektronik agar dapat dijalankan di komputer. Kata “E-book” berasal dari bahasa Inggris, singkatan dari electronic book, dalam bahasa Indonesia artinya adalah buku elektronik.
Apa perbedaan e-book dengan buku biasa ?
Buku-buku yang kita pakai saat ini menggunakan kertas sebagai bahan bakunya sedangkan e-book ditampilkan dengan menggunakan monitor atau layar komputer. Selain itu, buku-buku yang saat ini kita gunakan merupakan warisan teknologi cetak Guttenberg. Buku seperti ini memiliki beberapa kekurangan, di antaranya jika semakin banyak halamannya, maka akan semakin tebal pula buku yang kita miliki dan kadang ukurannya pun menjadi lebih besar, sehingga tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, biaya mencetak buku pun biasanya tidak murah. Sedangkan pada e-book, data atau informasi yang ada bisa disimpan dalam disket atau alat penyimpan lainnya dan dapat dibuka dikomputer mana saja. Lebih praktis bukan?
Dilihat dari isinya, isi buku elektronik sama saja dengan isi buku biasa. Ada cerita, pelajaran, berita, gambar dan sebagainya. Isi buku elektronik direkam secara elektronis sebagai data dan disimpan di dalam komputer. Penerbit buku akan mengiklankan buku yang baru terbit dengan cara mengiklankannya di internet. Jika kita tertarik, kita bisa langsung memesannya melalui internet dan membayarnya secara online. Biasanya bukti transfer harus dikirimkan atau di fax ke alamat penerbit. Setelah membayar, baru kita dapat mengambilnya (mendownload) dari internet. Nah, setelah proses download selesai, e-book tersebut akan tersimpan dalam komputer kita dan bisa kita baca kapan pun kita mau. Ada  beberapa format eBook yang beredar di Indonesia, yaitu *.doc, *.exe, *.pdf, dan *.chm
1. DOC (MS Word Document)
Format ini biasa disebut dokumen mentah berupa kertas kerja dalam MS Word. Isinya  sangat mudah untuk dibajak dan dimodifikasi. Jika kita ingin melindungi hasil karya kita dari tangan-tangan jahil sebaiknya jangan menggunakan format ini sebab tidak aman.
2.EXE(Application)
Ini termasuk bentuk eBook yang praktis, karena tak memerlukan software tambahan (Adobe Reader,dll) untuk membukanya. Selain itu, keunggulan dari format eBook ini ialah kemampuan untuk menjalankan script web. Dengan demikian, kita bisa memasukkan javascript, form pendaftaran, dan lain-lain. EBook berformat exe memang merupakan aplikasi berbasis halaman web yang dikompilasi menjadi satu file. Untuk membuat eBook EXE, kita perlu membangun beberapa halaman web (html). Ini bisa dilakukan dengan software seperti MS Frontpage, MS Word, dan lain-lain. Namun kelemahan dari format ini ialah paling lemah terhadap serangan virus, mengingat saat ini terdapat sangat banyak virus yang menyerang aplikasi.
3.PDF(PortableDocumentFormat)
eBook dengan format ini memerlukan software semacam Adobe Reader untuk membacanya. PDF ini tampaknya masih bertahan sebagai format eBook yang paling populer dan paling banyak digunakan. Kebanyakan direktori eBook gratis menawarkan format ini. Proses pembuatannya diawali dengan mengetik seperti biasa di software pengolah kata (misalnya MS Word). Satu kelemahan yang saya temukan dari format ini ialah rentan terhadap pembajakan. Orang bisa melakukan reverse engineering dengan cara mengkonversi eBook PDF kembali menjadi word. Kemudian ia bisa mengganti informasi pengarang (mengklaim sebagai karyanya), lalu mengubahnya lagi menjadi PDF. Karena itu, pastikan Anda memproteksi eBook PDF Anda dengan password untuk mencegah pengeditan(modifikasidokumen).

4.CHM(MSCompiledHTMHelp)
CHM awalnya dikembangkan Microsoft sebagai format helpfile atau user manual untuk membantu pengguna software mereka. Selanjutnya banyak penulis memanfaatkan format ini dan menggunakannya sebagai eBook. Tapi kebanyakan pembaca merasa tidak nyaman karena format ini memiliki keterbatasan-keterbatasan. Selain itu, CHM juga sulit dikonversikedalamformatlain.

Di bawah ini ada beberapa tips yang perlu di perhatikan dalam pembuatan eBook ;

1.Angka dan link
idealnya, setiap footer halaman eBook diberi link web, logo atau nomor anda.
2.Menarik
sebuah eBook harus didesain dan berisi tentang berita yang menarik sehingga pembaca tidak bosat saat mempelajarinya
3.Cari perbandingan
anda bisa membandingkan Ebook2 yang telah beredar di pasaran supaya dapat bersaing dengan mereka
4.Berpikir Terbaik
saat membuat eBook berpikirlah anda sedang membuat eBook best seller, agar semua kemampuan anda tercurah sehingga menghasilkan karya yang sempurna
5.Konversi ke PDF
begitu anda yakin telah menciptakan draft terakhir eBook anda, kini saatnya mengonversinya menjadi produk jadi.

Ciri-Ciri eBook Ideal, antara lain ;
* Jelas ( penulisan dan isinya)
* Format khas ( sesuai dengan apa yang dimaksud tidak berbelit2)
* Ukuran ( semakin kecil akan semakin bagus)


Kelebihan e-book
Teks dapat disunting secara otomatis dan saling berhubungan karena menggunakan hyperlink. Inilah faktanya sehingga membuat ebook menjadi format pilihan yang sangat baik. Ebook dapat memberikan Anda lebih dari sekedar buku cetakan. Sebagai contoh, Anda dapat menyimpan banyak buku ke dalam komputer. Anda dapat memberikan tanda pada halamannya dengan electronic bookmark dan lompat ke halaman yang dituju saat itu jugaketikamembukabuku.

Sedikit membutuhkan ruangan fisik diperlukan untuk menyimpan ebook. Ratusan (bahkan ribuan) memungkinkan untuk dibawa dalam satu device. Diperkirakan rata-rata 500 ebook dapat disimpan ke dalam CD (sepadan dengan harga beberapa rak buku cetakan) Karena mereka memakan sedikit tempat, ebook bisa ditawarkan untuk jangka waktu tidak terbatas, dengan bukan ‘dari cetakan’ tanggal, membolehkan pengarang terus mendapat royalti untuk jangka waktu tidak terbatas (undang-undang hak cipta mengizinkan) dan membolehkan pembaca menemukan karya yang lebih tua oleh pengarang kesayangan.

Para pembaca yang mendapatkan kesulitan ketika membaca buku konvensional mengeluhkan dari ukuran teks dan bentuk huruf. Dengan bantuan software Text-to-speech yang dapat mengubah ebook secara otomatis ke dalam bahasa buku. Beberapa ebook sudah terdapat di dalamnya kamus sehingga Anda dapat meng-klik pada kata yang dituju danmenemukanartinya.

Kekurangan e-book
Ebook membutuhkan perangkat tambahan spesialis untuk membaca, kebanyakan terutama perangkat elektronik untuk dapat ditampilkan (dengan bantuan listrik). Seperti halnya perangkat-perangkat yang harganya mahal. Dalam beberapa edisi, ada beberapa format ebook membutuhkan software khusus untuk menampilkannya, yang mungkin tidak tersedia secara gratis atau kompatibel dengan perangkat yang sudah terinstal pada komputer.
Membaca buku di komputer bisa membuat mata kita cepat lelah dan posisi duduk pun tidak bisa santai. Karena itu, lama-kelamaan orang memikirkan cara yang lebih praktis. Kemudian para ahli akhirnya membuat alat yang dinamakan PDA (Personal Data Assistant), dalam bahasa Indonesianya berarti Asisten Digital Pribadi atau lazim disebut applet.
Sayangnya, saat ini e-book belum banyak digunakan orang karena belum tersedianya alat baca (applet) yang benar-benar nyaman dan murah. Tetapi para ahli masih terus mengembangkan applet ini, sehingga nantinya diharapkan e-book dapat digunakan oleh anak-anak untuk membaca tanpa perlu repot membawa buku yang banyak dan tebal.
OnlineComputerBooks.com merupakan salah satu alamat untuk mendapatkan buku-buku komputer gratis, ebooks gratis, buku pemrograman gratis, buku online gratis dan bab sampel yang berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilmu Komputer, Internet, Teknik, Bisnis, Pemasaran, Matematika, Elektronika, Fisika dan Ilmu Pengetahuan yang disediakan oleh penerbit atau penulis di situs Web mereka secara legal dan gratis.
DAFTAR PUSTAKA
  1. Judul : Mengenal ebook                                                                                 
Alamat: http://andimarzuky.wordpress.com/2008/02/10/mengenal-e-book-elektronic-book/
Penulis:  CBN
  1. Judul : Mengenal format-format ebook
  1. Judul : Mengenal buku elektronik
Alamat: http://banana.blogdetik.com/2009/11/17/mengenal-buku-elektronik-e-book/                               Penulis: banana web
            Alamat:http://esmartschool.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=270&Itemid=68             Penulis: Majalah Mickey Mouse (Elex Media Komputindo)
4.        Judul:  Cara Membuat Ebook
Alamat: http://www.satriacell.com/2009/12/cara-membuat-ebook.htm                                                              Penulis: -
5.       Judul:     Download Legally Free Computer Books, Free eBooks and Read Free Books Online            Alamat: http://www.onlinecomputerbooks.com/                                                                                               Penulis: -

1 komentar:

  1. I'm glad to be reading this article, I simply want to offer you a huge thumbs up for your great information.
    Tableau Guru
    www.sqiar.com

    BalasHapus