Minggu, 01 Agustus 2010

IMPLIMENTASI KTSP DI KECAMATAN MUARA KAMAN


Teratak
Muara Kaman Ulu

Sabintulung

Oleh Sulaiman, S.Pd ( anggota TPK Kab. Kukar )
      Penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan bagian dari kegiatan perencanaan sekolah secara rutin setiap tahun. Kegiatan ini dapat berbentuk rapat kerja atau lokakarya sekolah atau kelompok sekolah yang diselenggarakan dalam jangka waktu sebelum tahun pelajaran baru. Tahun ini sekolah-sekolah di kecamatan Muara Kaman mencoba melakukan itu, setidaknya merampungkan dokumen I kurikulum setiap sekolah menjadi target yang ingin dicapai sebelum memasuki bulan Ramadhan tahun ini.
Idealnya, tahap kegiatan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan meliputi: penyiapan dan penyusunan draf, reviu dan revisi, serta finalisasi.  Langkah yang lebih rinci dari masing-masing kegiatan diatur dan diselenggarakan oleh tim penyusun yang dibentuk pada setiap sekolah. Namun untuk tahap awal, kita mencoba membuat dengan cara adopsi dan adaptasi kurikulum yang dibuat salah satu sekolah di Kecamatan ini.  Ke depan barulah kita kembangkan sesuai dengan keadaan dan keinginan kita. 

        Penyusunan KTSP ini melibatkan seluruh stakeholder di sekolah bersangkutan dan didampingi oleh narasumber dari Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten Kutai Kartanegara.  Pendampingan penyusunan Kurikulum di Muara Kaman ini juga telah memasukkan muatan terbaru dalam Kurikulum kita, yakni Pendidikan Karakter Budaya Bangsa dan Kewirausahaan serta Belajar Aktif. Adanya kegiatan ini kiranya mendapat respon positif di kalangan pendidik di kecamatan Muara Kaman sehingga menjadi gerakan bersama mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di wilayah ini.

1 komentar:

  1. Jikalau kegiatan ini secara konsisten didukung oleh Pelaku dan Pemerhati Pendidikan di daerah ini, tak tertutup kemungkinan peningkatan kualitas pendidikan akan cepat dirasakan oleh masyarakat.

    BalasHapus